Rabu, 31 Oktober 2012

Sehat karena Penghijauan

Penghijauan sangat penting untuk bumi yang sudah semakin menua. Banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Penghijauan bukan hanya untuk memulihkan,memelihara, dan meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Tapi, melakukan penghijauan juga bermanfaat untuk peningkatan kualitas kesehatan dan keindahan.

Untuk kesehatan manusia, bermacam manfaat dari penghijauan. Misalnya,pohon yang pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara higienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia.

Penghijauan merupakan pelindung; melindungi kita dari kondisi fisik alami, seperti angin kencang, teriknya matahari, debu-debu atau gas lainnya, peredam suara, dan lain sebagainya. Bahkan, penghijauan juga dapat bermanfaat sebagai obat herbal bagi manusia. Tumbuhan banyak mengandung obat, seperti kunyit, kumis kucing, dan sebagainya.

Tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.

Penghijauan ternyata juga dapat mengurangi resiko terjadinya kebakaran. Api yang menyala sendiri tersebut disebabkan tidak ada media yang dapat menahan panas bumi. Jika terjadi kebakaran hutan, maka asapnya akan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Namun, jika dilakukan penghijauan, maka hawa lingkungan akan menjadi sejuk, nyaman.

Berbagai macam jenis pohon yang ditanam di kota merupakan laboratorium alam, karena dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar mengenal tanaman dari berbagai aspeknya. Nah, banyak sekali kan manfaat penghijauan? Yuk, kita hijaukan bumi kita untuk kelestariannya!

0 komentar:

Posting Komentar