Sabtu, 20 Oktober 2012

Ternyata Tertawa itu Sehat!

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang periang lebih sehat daripada pemurung. Orang yang banyak tertawa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih imun terhadap infeksi. Hal ini karena otak Anda melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang memiliki efek mengurangi sakit dan menenangkan. Tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, memperbaiki kerja otak dan meningkatkan fleksibilitas otot.
Tertawa adalah salah satu keterampilan hebat manusia yang tidak dimiliki hewan. Dengan tertawa, Anda membuat perspektif baru terhadap diri sendiri. Masalah besar yang menumpuk tiba-tiba menjadi lebih kecil. Dengan memandang masalahnya dari kaca mata yang positif maka Anda lebih dapat menemukan solusinya karena pikiran Anda tidak lagi tertekan. Yang lebih penting dari semuanya, tertawa itu gratis dan tidak memiliki efek samping!

Terapi Tertawa

Di India, orang melakukan terapi tertawa sebagai salah satu bentuk meditasi. Itu adalah cara untuk membuat mental kita bersantai  dan melupakan beban hidup sejenak.  Jika Anda tertawa bebas maka Anda akan benar-benar rileks.
Selama terapi tertawa, mereka tertawa di mana saja tanpa harus ada alasan. Proses terapi tertawa sangat sederhana dan terdiri dari tiga langkah:
  • Buatlah tubuh Anda rileks dengan latihan peregangan.
  • Mulailah tertawa. Hal ini mungkin sulit pada awalnya, namun setelah tawa pertama maka yang berikutnya akan datang secara alami.
  • Rasakan keheningan setelah tawa dan nikmati rasa santai Anda.
Agar dampaknya terasa sepanjang hari, lakukanlah di pagi hari. Jadikanlah ritual pagi Anda di kamar mandi, ketika berhias, atau saat menyiapkan sarapan.

Tertawa bersama

Tertawa sebagai bentuk meditasi akan lebih berdampak bila Anda melakukannya bersama orang lain. Energi positif yang dikeluarkan akan saling menular ke orang lain. Banyak orang menganggap aneh jika Anda tertawa sendiri. Dalam kelompok, orang lain akan lebih memahami apa yang Anda sedang lakukan.
Beberapa tips untuk meningkatkan tawa Anda:
  • Pandanglah hidup Anda dengan ringan. Tersenyumlah untuk diri sendiri.
  • Tersenyumlah saat bertemu orang-orang. Senyum adalah awal dari tawa dan, seperti tawa, bersifat menular.
  • Bergaullah dengan orang yang memiliki selera humor tinggi, maka Anda akan lebih sering tertawa.
  • Bersikaplah positif terhadap kesalahan. Setiap orang kadang-kadang membuat kesalahan. Tetaplah dalam perspektif dan beranilah untuk menertawakan kesalahan Anda.
  • Syukuri hidup Anda. Buatlah daftar kenikmatan dan berkah yang Anda miliki dalam hidup. Tindakan sederhana ini akan menjauhkan Anda dari pikiran negatif  yang menghalangi tawa.
  • Bila Anda mendengar tawa, bergabunglah ke sana. Kadang-kadang humor dan lelucon bersifat pribadi di antara sekelompok kecil orang, namun biasanya tidak. Orang biasanya senang untuk berbagi sesuatu yang lucu. Ketika mendengar seseorang tertawa, tanyakan padanya, “apanya yang lucu?”  Anda pun bisa berbagi tawa dengannya.

0 komentar:

Posting Komentar