Jumat, 01 Maret 2013

Mengatasi Tangan Kapalan

Kulit di telapak tangan menebal atau istilahnya 'kapalan', mungkin pernah Anda alami. Sebenarnya, kulit tangan yang menebal ini berperan melindungi kulit. Ketika kulit rusak, kapalan mencegah tekanan dan gesekan dari iritasi kulit lebih lanjut. Tanpa itu, daerah ini bisa jadi melepuh, sehingga ketika menyentuh atau memegang benda apapun akan terasa nyeri. Jika kulit telapak tangan menebal, jangan menggunakan silet atau pisau untuk memotong atau memangkas kulit yang kapalan. Hal ini dapat mengakibatkan luka dan infeksi. Salah satu cara untuk mengatasi kapalan adalah dengan menggunakan krim pelembab yang mengandung asam laktat atau urea. Bahan bermanfaat lainnya termasuk alpha hydroxy acid dan asam glikolat.

Pertama-tama, rendam tangan/kaki Anda dalam air dan kemudian oleskan pelembab tersebut pada bagian yang kapalan. Melakukan rutinitas ini dari waktu ke waktu secara bertahap akan melunakkan dan mengelupaskan kapalan dengan sendirinya. Sedangkan untuk menghilangkan kapalan, cobalah beberapa tips berikut ini. Semoga bermanfaat!

1. Cuci daerah kulit yang kapalan dengan seksama. Gunakan sabun dan banyak air untuk membuang kotoran di daerah sekitar kapalan. Kotoran dapat mengganggu proses penyembuhan dan benar-benar menyebabkan kapalan memburuk dari waktu ke waktu karena peningkatan gesekan.

2. Tambahkan 2 sampai 3 sendok makan baking soda untuk menghangatkan air dan mulailah basahi daerah yang kapalan. Hal ini akan membantu melarutkan kulit mati dan memulai proses penyembuhan. Rendam sekitar 30 menit.

3. Keringkan kapalan tersebut. Jangan biarkan melembab. Gunakan handuk untuk menghapus semua air. Taburkan sedikit tepung jagung di daerah tersebut. Ini akan memastikan bahwa daerah yang kapalan tetap kering. Ini juga akan membantu mencegah infeksi.

5. Cari sepotong kain dan rendam dengan cuka. Sebelum Anda pergi tidur, balut potongan kain ke daerah kulit yang kapalan. Ketika Anda bangun, lepaskan potongan kain.

6. Gunakan batu apung sehabis mandi untuk menggosok dan menghilangkan kulit mati yang tersisa. Gosokkan perlahan, jangan terlalu keras.

0 komentar:

Posting Komentar