Selasa, 13 November 2012

10 Gejala Anemia

Anemia adalah penurunan jumlah sel darah merah yang biasanya terjadi karena kekurangan zat besi.

Jika menderita anemia ringan, bisa jadi Anda tidak akan mengalami gejalanya. Pun mengalami gejala, bisa jadi tidak terdeteksi atau salah mengaitkan gejala tersebut dengan kondisi kesehatan yang lain.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa menjadi panduan untuk mengetahui apakah Anda menderita anemia atau tidak:

1. Periksa warna kulit. Apakah warna kulit terlihat sangat pucat? Meskipun memiliki kulit yang berwarna gelap, bibir dan penampakan kulit Anda mungkin terlihat pucat.

2. Gejala umum anemia yang lain adalah sering merasa lelah dan mudah tersinggung. Apakah Anda mengalaminya?

3. Tanyakan pada diri sendiri apakah sering mengalami sakit kepala atau kehilangan nafsu makan. Ini merupakan tanda-tanda awal anemia.

4. Sembelit merupakan salah satu gejala awal anemia, dan bisa terjadi meskipun Anda tidak melakukan perubahan pola diet.

5. Sulit berkonsentrasi merupakan salah satu gejala anemia yang cukup menganggu. Kesulitan dalam berkonsentrasi dapat memengaruhi kinerja dan pekerjaan.

6. Tanyakan pada diri sendiri apakah memiliki keinginan makan yang tidak biasa. Kondisi ini disebut pica, dan bisa jadi seseorang akan menemukan dirinya memiliki keinginan makan yang sangat aneh, misalnya makan tanah dan kertas.

7. Perhatikan suasana hati atau mood. Anemia bisa menimbulkan perasaan depresi.

8. Apakah Anda mengalami sesak napas? Sel darah merah merupakan bagian penting dalam proses pernapasan. Anda bisa mengalami sesak napas jika menderita anemia sedang atau berat.

9. Adanya rasa dingin pada ekstremitas. Telapak tangan dan telapak kaki bisa mengalami kedinginan yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk akibat anemia.

10. Merasa lemah dan/atau pusing. Pada kasus yang berat, Anda mungkin merasa sangat lemah untuk bangun dari tempat tidur dan mengalami pusing ketika bangun.

Itulah beberapa gejala anemia yang sering muncul.

0 komentar:

Posting Komentar