Rabu, 21 November 2012

Menentukan Waktu Berolahraga

Anda pernah mendengar seseorang mengatakan waktu yang tepat untuk berolahraga ialah di pagi hari? Atau ada orang lain yang menyarankan jika ingin cepat menurunkan berat badan maka berolahragalah di sore hari? Lalu mana waktu yang lebih tepat untuk berolahraga, di pagi ataukah sore hari ?

      Sebuah penelitian yang dilakukan di Bangor University menyarankan, bagi wanita yang memiliki pekerjaan super sibuk dan memiliki pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi dapat melakukan olahraga di pagi hari. Para fisiologis menyebutkan walaupun secara mental merasa kelelahan tetapi kesibukan dalam pekerjaan tidak akan mempengaruhi otot. Orang-orang kini memandang olahraga sebagai kegiatan yang berat dan lebih baik jika dilakukan di pagi hari saat pikiran Anda masih dalam keadaan segar.

      Di lain pihak, berdasarkan penelitian yang dilakukan Gumma University School of Medicine, berolahraga di sore hari ternyata lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Namun tidak ada yang salah dalam memilih kapan waktu yang tepat untuk berolahraga, setidaknya hal ini diungkapkan oleh seorang pelatih fitnes profesional NIKE, Ashley Borden. Menurut Borden, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk berolahraga tergantung apa tujuan Anda.

      Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lebih baik berolahraga di pagi hari dalam kondisi perut yang kosong. Cardio merupakan jenis olahraga terbaik untuk dilakukan di pagi hari lalu meningkatkan kegiatan olahraga di siang atau sore hari. Dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga terutama di pagi hari.

      Anda dapat mencoba berolahraga di waktu yang berbeda setiap harinya. Dengan begitu Anda dapat menemukan kapan waktu yang tepat dan menyenangkan untuk berolahraga. Usahakan juga untuk melakukan berbagai jenis olahraga agar Anda tidak mudah bosan.

1 komentar:

  1. Salam kenal...
    Artikelnya bagus nih... kalau boleh tau, apakah senam di pagi hari juga efektif untuk menurunkan berat bada? dan apakah ada jenis baju senam yang direkomendasikan?

    BalasHapus